Blogger Pemula Harus Baca Ini

KokopNews - Blogger Pemula Harus Baca Ini - Menjadi blogger pemula tentu sangat menyenangkan. Setiap hari rasanya ingin membuka blog itu. Namun disisi lain jika belum mempunyai kemampuan menulis yang mumpuni hal yang paling sulit yang dirasakan oleh sebagian blogger yang masih baru adalah mengisi blog dengan konten tulisan. Keinginan ngeblog yang menggebu-gebu tidak berjalan lurus dengan keterampilan menulis konten. 

Blogger Pemula Harus Baca Ini
www.dreamstime.com
Kalau sudah demikian, biasanya blogger pemula mencari tahu tentang bagaimana cara menulis artikel yang baik. Banyak kata kunci yang diketikkan dihalaman pencarian google. Dari hasil pencarian tersebut banyak pula artikel tentang panduan menulis bagi pemula yang sudah dibacanya. Namun terkadang ketika sudah menemukan apa yang dicari ia tidak langsung memptraktekkannya. Akhirnya dia selalu dalam kebingungan, tidak tahu apa yang harus diperbuat. Pada gilirannya akan berdampak pada blog yang sudah dibuatnya. 

Itulah yang saya alami belakangan ini. Berbagai panduan menulis sudah saya baca namun ketika hendak mempraktekkan ada saja hambatan yang menghampiri. Teori yang saya baca tidak serta merta membuat saya lancar menulis. Akhirnya teori yang paling benar dalam belajar menulis adalah praktek menulis itu sendiri. Untuk sementara benar apa kata motivator bahwa segala apapun yang hendak dikuasai tidak ada cara yang paling ampuh kecuali langsung praktek tanpa memperdulikan teori terlebih dahulu.

 Teori yang banyak kita kuasai tidak menyumbang banyak untuk lancar menulis. Bahkan teori tersebut justru akan mengekang kita dalam mempraktekkan membuat tulisan. Sering saya alami ketika sedang enak-enaknya menulis, selalu saja teori yang saya kuasai mengkritik tulisan yang saya buat. Kalau sudah demikian, tulisan yang masih satu paragraf itu saya hapus kembali. Hal ini terjadi berkali-kali yang pada akhirnya saya berhenti dalam keadaan tidak menghasilkan apa-apa kecuali rasa capek dan otak tambah blank.

Oleh karenanya, bila kita masih pemula dalam arti tidak pernah belajar menulis, yang harus digalakkan melakukan praktek. Sebisa mungkin jangan pernah browsing mencari panduan menulis. Bila perlu matikan sambungan internet agar kita tidak terdorong untuk membuka internet. Karena kalau masih tersambung dengan internet biasanya disamping sibuk browsing mencari panduan menulis, mendorong kita untuk membuka sosial media yang menyebabkan konsentrasi menulis kita menjadi pecah.

Dan berikut ini saya kasih tahu cara mengatasi kesulitan menulis yang menurut saya ampuh terbukti saya berhasil menyelesaikan tulisan dengan cara tersebut.

Pertama, kuatkan niat. Setiap pekerjaan sekecil apapun memang harus diawali dengan niat. Niat ini akan mendorong kita untuk selalu menyelesaikan sebuah pekerjaan. Niat juga bisa disebut komitmen. Dengan komitmen ini kita sudah bisa membayangkan bahwa dalam proses melakukan pekerjaan pasti ada hambatan yang akan menghampiri. Namun dengan niat sebagai komitmen dan penegasan ini kita bisa lolos dari hambatan yang akan datang.

Kedua, tentu kita harus menyiapkan tema yang akan kita tulis. Ketika sudah ketemu langsung membuka word. Selanjutnya tulis apa saja yang ada di otak yang berkaitan dengan tema yang sudah ditentukan tadi. Pada tahap ini biasanya ada hambatan besar yang menghampiri. Oleh karenanya, jangan hiraukan apapun bisikan yang mendorong kita untuk menggagalkan proses menulis yang kita lakukan. Terus saja putar otak mencari kosa kata yang terkait dengan tema yang sedang kita tulis. 

Durasi waktu dimana kita harus menyelesaikan tulisan tergantung dari tema yang kita garap. Jika temanya mengandung banyak pembahasan tentu waktu yang dibutuhkan lebih banyak dibanding dengan tema yang mempunyai ruang lingkup sempit. Namun agar kita selalu konsisten lebih baik ditentukan. 

Kalau saya sendiri biasanya lima sampai sepuluh menit. Apapun yang ada di otak saya, yang berkaitan dengan tema yang sudah kita pilih, saya tulis selama lima atau sepuluh menit. Pada tahap ini jangan mempersoalkan benar tidaknya tulisan yang kita hasilkan. Bahkan walaupun tulisan kita tidak nyambung juga diusahakan jangan sampai berhenti. Cara ini jika dipraktekkan secara rutin, insyaalloh, dalam waktu yang relatif singkat kita akan mahir membuat tulisan.

Menulis hanya sulit diawalnya saja, ketika sudah terbiasa, menulis akan terasa mudah bahkan sekecil apapun ide yang kita temui dalam waktu singkat bisa menjadi tulisan yang bisa dibagikan pada orang banyak. Hal ini banyak diceritakan oleh mereka yang sekarang sudah memetik hasil dari jerih payahnya dalam melakukan latihan menulis secara konsisten. Mereka ini dulunya sama dengan kita yaitu mengalami hal tersulit yang kita alami seperti sekarang ini sebagai pemula. Kunci dalam keberhasilan mahir menulis adalah latihan secara konsisten. Oleh karenanya bagi blogger pemula harus membaca artikel ini. Salam Blogger..

Tulis email anda untuk berlangganan update berita gratis: