Polemik Tenaga Kerja Asing Asal Tiongkok

KokopNews, Kasus Tenaga Kerja Asing (TKA) belakangan ini menjadi pembicaraan masyarakat Indonesia. Perbincangan hangat tersebut disebabkan oleh membludaknya TKA yang masuk ke Indonesia dan banyak diantaranya telah ditangkap karena tidak mempunyai dokumen lengkap. Disamping itu TKA yang datang ke Indonesia didominasi TKA asal Tiongkok yang menyebabkan masyarakat curiga Indonesia akan dikuasai oleh China.
Polemik Tenaga Kerja Asing Asal Tiongkok
TKA Ilegal asal Tiongkok

Banyak kasus TKA ilegal yang sudah terungkap diantaranya adalah dua puluh tiga WNA asal Tiongkok yang ditangkap Kodim 0905 di Balikpapan bekerja sama dengan Imigrasi setempat. Pengangkapan TKA ilegal tersebut karena mereka tidak bisa mempunyai dokumen lengkap. 

Membludaknya TKA tersebut perlu disikapi serius oleh pemerintah, sebab disaat masyarakat kesuliutan mencari lahan pekerjaan pemerintah malah membuka kran untuk masuknya tenaga kerja asing. Tentu hal tersebut akan menyebabkan gejolak sosial di masyarakat. 

Pemerintah perlu cermat mendengarkan keluhan masyarakat apalgi TKA yang datang ke Indonesia didominasi dari Tiongkok dan kita sudah mafhum akhir-akhir ini sempat beradar isu kebangkitan Idiologi komunis, bahkan ada yang mengusulkan pemerintah harus sebaiknya meinta maaf kepada keluarga PKI karena telah menjadi korban pembantaian.

Jika pemerintah tidak cermat dikhawatirkan terjadi gejolak yang semakin besar sehingga membuat masyarakat semakin tidak percaya pada pemerintah. Akibatnya tentu akan terjadi demo besar-besaran yang menuntut pelengseran pemerintahan yang sah dan ini tentu tidak kita inginkan.

Sekedar diketahui bahwa serbuan para TKA asing khususnya dari Tiongkok disebabkan adanya kesepakatan bebas Visa antara Indonesia dengan China. Kesepakatan ini dibuat agar menaikkan kunjungan turis untuk dua negara. Namun kebijakan bebas Visa ini banyak disalah gunakan oleh TKA asal Tiongkok sehingga banyak pihak yang mendesak pemerintah untuk segera meninjau ulang kesepakatan tersebut karena hanya akan menguntungkan China.

Beberapa waktu yang lalu pemerintah memberikan klarifikasi terkait serbuan orang cina ke Indonesia. Presiden Jokowi menyangkal rumor yang beredar bahwa TKA asal tiongkok membanjiri Indonesia. Menerut Jokowi orang Cina yang datang ke Indonesia bukan menjadi Tenaga kerja tapi sebagai turis. Pemerintah menargetkan 10 juta turis dari China berkunjung ke Indonesia pertahun.

Namun, pemerintah tidak sadar bahwa banyak dari orang China yang berkunjung ke Indonesia justru berada di daerah terpencil. Bahkan seperti yang pernah diberitakan ada orang China yang tertangkap menanam Cabai. Nah, ini tentu harus menjadi perhatian pemerintah.

Pemerintah harus tahu bahwa masyarakat masih curiga dengan orang China. Apalagi belakangan ini semenjak kasus penistaan agama oleh Ahok mencuat banyak masyarakat yang sentimen dengan yang berbau cina. Oleh karenanya saya setuju dengan yang berpendapat kesepakatan bebas visa oleh Indonesia dengan China perlu ditinjau ulang.

Baca Juga  Tanggapan sandiaga Atas Banyaknya TKA Yang Masuk Indonesia

Tulis email anda untuk berlangganan update berita gratis: